Makanan Khas Yogyakarta

Makanan khas Yogyakarta –¬†Yogyakarta merupakan kota yang penuh dengan cerita akan tempat wisata yang sangat beragam, selain itu kota yogyakarta juga menjadi kota yang penuh dengan kuliner yang sangat apik dan wajib untuk dicoba jika berkunjung ke kota pelajar ini. Terdapat begitu banyak jenis makanan khas yang dijual mulai dari pagi hari hingga tengah malam juga masih dapat Anda nikmati, dan bahkan warung-warung tidak pernah sepi.

Makanan Khas Dari Yogyakarta

Hal ini tentunya karena kualitas rasa dari makanannya sangatlah lezat dan begitu menyenangkan sehingga Anda akan terus ingin memakan makanan ini lagi. Berikut ini daftar makanan enak khas yogyakarta yang tidak boleh Anda lewatkan untuk Anda nikmati.

1. Gudeg Jogja

Siapa yang tidak mengenal makanan olahan nangka ini gudeg menjadi ikon dari Yogyakarta. Bila menyebut gudeg maka Anda pasti akan langsung mengingat kota pelajar ini. Untuk jenis gudeg itu sendiri terdapat 3 macam, yakni gudeg kering, gudeg basah, dan juga gudeg manggar. Perbedaan dari ketiga jenis gudeg ini terletak dari tekstur nangka itu sendiri.

Makanan khas Yogyakarta ini sangat nikmat jika dihidangkan bersama sambal krecek, tempe, dan juga telur. Anda juga bisa meminta tambahan ayam goreng jika Anda menginginkannya. Untuk harganya sendiri sangat terjangkau sehingga banyak yang menyukai olahan nangka ini.

Baca juga: Makanan khas Banjarmasin

2. Angkringan Jogja

Mungkin Anda berpikir bahwa makanan apa yang dimaksud dengan angkringan. Angkringan jogja berupa sebutan untuk berbagai jenis makanan yang ditusuk seperti kulit, usus, dan yang lainnya kemudian dapat Anda pilih langsung kemudian Anda akan digorengka. Hidangan ini paling lengkap jika disajikan bersam dengan nasi hangat, lalapan, dan juga sambal pedas yang khas yogyakarta.

Untuk harganya sendiri dapat Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, Anda bisa memilih nasi kucing dengan tambahan lauk jika uang yang Anda bawa pas-pasan.

3. Oseng Mercon

Selanjutnya yang menjadi makanan paling favorit di yogyakarta adalah oseng mercon, yakni jenis makanan yang dibuat dari tetelan sapi yang dioseng dengan bumbu mercon sehingga untuk yang suka makanan pedas pasti akan sangat menyukai jenis makanan ini. Namun jika Anda tidak menyukai tetelan dan lebih menyukai seafood maka Anda bisa mengganti tetelan dengan udang ataupun cumi mercon.

Terdapat begitu banyak rempah di dalam bumbu mercon ini sehingga cita rasanya terasa sangat kuat dan terasa meledak di mulut ketika sedang memakannya.

4. Sate Klatak

Untuk makanan khas Yogyakarta berikutnya adalah sate klatak, yakni jenis masakan sate yang terbuat dari daging kambing yang dimarinasi terlebih dahulu dengan garam kemudian dibakar atau dipanggang hingga berwarna kecoklatan, dinamakan sate klatak karena pada proses pembakaran terdengar bunyi klatak akibat letupan dari garam. Yang membuat sate ini beda adalah tusuk yang digunakan bukanlah sayatan bambu melainkan dari jeruji besi sepeda.

Baca juga: Makanan khas NTT

5. Lotek Jogja

Lotek adalah makanan yang terbuat dari aneka sayur yang direbus dan disiramkan bumbu kacang. Penampakannya hampir sama dengan gado-gado maupun pecal, namun yang membedakannya adalah pada klotek jogja ini ditambahkan irisan tempe dan juga bumbu kacangnya diberi terasi sehingga rasanya menjadi berbeda. Selain itu bumbu lotek sedikit lebih manis dibandingka dengan pecal ataupun makanan yang mirip lainnya.

6. Bakpia

Bila Anda berkunjung ke Yogyakarta maka sangat wajib untuk Anda membeli oleh-oleh khas Yogyakarta yakni bakpia. Terdapat begitu banyak ragam isian yang bisa Anda pilih sesuai selera. Namun pada umumnya bakpia jogja ini identik dengan isian kacang hijau di dalamnya.

Itulah beberapa daftar makanan khas Yogyakarta yang memiliki rasa yang enak dan otentik sehingga dapat menjadi makanan pilihan Anda ketika sedang berada di Yogyakarta.