Makanan Khas Banjarmasin

Makanan khas Banjarmasin – Kota Banjarmasin yang berada di Kalimantan Selatan bukan hanya terkenal dengan berbagai budayanya, namun juga kualitas makanannya. Ada banyak makanan khas Banjarmasin yang bisa Kamu temui jika jalan-jalan ke kota ini.

Lantas, apa saja makanan khas Banjarmasin yang menjadi favorit dari para pelancong?

Makanan Tradisional Khas Banjarmasin

Sebagai panduan yang mungkin bisa Kamu pegang ketika main kesini, berikut ini Kami sajikan daftar makanan khas Banjarmasin:

1. Ketupat Kandangan

Ketupat umumnya mungkin hanya dapat Kamu temui pada saat lebaran. Namun, Kamu bisa menemuinya di Banjarmasin setiap hari. Ketupat ini disajikan dengan kuah sayur bersantan yang disajikan bersama ikan dan telur. Rasanya jelas boleh diadu dengan ketupat lain yang ada di Indonesia.

2. Soto Banjar

Soto memang ada dimana-mana. Namun setiap daerah punya soto khasnya masing-masing. Termasuk ada juga soto khas Banjarmasin yang dikenal sebagai soto banjar.

Hal yang khas dari soto ini adalah kuahnya yang tampak lebih bening serta penyajiannya tidak bersama nasi, melainkan dengan ketupat.

3. Gangan Asam Banjar

Olahan sayur yang dicampurkan dengan ikan gabus atau ikan patin ini juga sebaiknya tak Kamu lewatkan. Bumbu sayurnya yang kuning memberikan sensasi rasa yang nano-nano. Kamu bisa mendapatkan paduan rasa asam, segar dan gurih dalam satu sajian gangan asam banjar.

4. Bingka

Kamu yang suka makanan manis, bisa mencoba bingka. Ini adalah kue khas yang biasanya dimakan sebagai cemilan. Teksturnya yang lembut dengan rasanya yang manis menjadikannya nikmat ketika masuk ke mulut. Bahan utama makanan ini adalah terigu, telur, serta santan.

5. Nasi Kuning Banjarmasin

Nasi kuning mungkin bisa Kamu temukan di banyak tempat yang ada di Indonesia. Namun percayalah, nasi kuning asli Banjarmasin ini beda rasanya.

Hal yang membedakannya adalah bahan berasnya yang menggunakan beras pera (bukan pulen), serta bumbunya yang juga memang khas.

Baca juga: Makanan Khas NTT

6. Sambal Acan

Adakah Kamu yang termasuk penggila makanan pedas? Kamu bisa cobain sambal asli Banjarmasin yang namanya sambal acan.

Sambal yang bisa dijadikan teman makan nasi biasanya dijual dalam kemasan botol. Menariknya, ia bisa bertahan lama karena sama sekali tak menggunakan air.

7. Bubur Baayak

Banjarmasin juga punya bubur khas yang sering disebut bubur bayaak. Bubur ini berbahan dasar gandum dan tepung beras dengan rasa yang manis. Teksturnya terasa kenyal dan enak jika dikunyah. Sajian bubur ini berwarna coklat yang menggugah selera.

8. Sop Mutiara

Sop ini sejatinya merupakan makanan yang berasal dari China namun dimodifikasi oleh orang Banjarmasin sehingga menjadi sop yang bernama sop mutiara.

Kuahnya terdiri dari campuran pala, susu, serta bawang-bawangan. Disajikan bersama wortel dan olahan bakso, baik bakso kecil maupun bakso urat.

9. Ikan Seluang

Apabila Kamu sering makan nasi dengan didampingi ikan teri, maka Kamu bisa mencoba sensasi lain dengan menggunakan ikan seluang yang mirip dengan teri. Cocok tentunya dimakan bersama nasi hangat dan sambal. Apalagi kalau sedang lapar.

10. Apam Barabai

Terakhir, Banjarmasin juga punya kue khas yang bisa dijadikan cemilan pengganjal lapar. Namanya apam barabai.

Kue ini dibuat dari campuran tepung beras, gula putih, serta gula merah. Dengan tambahan tape singkong serta santan. Rasanya tentu saja manis dengan tekstur yang lembut.

Demikianlah 10 makanan khas Banjar yang bisa Kamu cicip satu persatu sambil menikmati indahnya sudut-sudut jalanan Kota Banjarmasin. Selamat menikmati ya!